Skip to main content

Recommended for you.

Fintech: The Ultimate Guide

Starting a Business: The Ultimate Guide

Finance in 2023: The Ultimate Guide

Digital Innovation: The Ultimate Guide

FintechBusinessDigital Innovation

Potret UMKM di Masa Pandemi Covid-19

By October 12, 2022January 5th, 2023No Comments
Berinvestasi di UMKM

Mayoritas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia mengalami dampak negatif dari pandemi Covid-19. Akibat daya beli masyarakat yang menurun dan pembatasan mobilitas, banyak UMKM yang akhirnya terpaksa mengurangi kapasitas produksi atau bahkan menutup sementara usahanya.

Potret tersebut terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh kontan.co.id terhadap ratusan UMKM di wilayah Jabodetabek. Disebutkan bahwa 82,9 persen pelaku UMKM di wilayah ini mengalami dampak negatif. Sebaliknya, hanya 5,9 persen yang mendapatkan dampak positif. Seperti apa gambaran lainnya?

Pengaruh Terhadap Omzet

Kebijakan pengendalian pandemi berujung pada lesunya perkenomian. Hal ini berimbas langsung terhadap laju usaha para pelaku UMKM. Sebanyak 63,9 persen pelaku UMKM di Jabodetabek dilaporkan mengalami penurunan omzet hingga lebih dari 30 persen. Sementara hanya 3,8 persen UMKM saja yang omzetnya merangkak naik.

Langkah Bertahan dari Pandemi

Banyak cara dilakukan pelaku UMKM untuk tetap bisa bertahan hidup. Rata-rata pelaku UMKM memilih menurunkan produksi barang dan jasa mereka, serta mengurangi jam kerja para karyawan. Sebagian UMKM juga mengurangi jumlah karyawan dan membatasi saluran penjualan atau pemasaran produk mereka.

Namun, tetap ada sebagian kecil pelaku UMKM yang mengambil langkah terbalik dari para pelaku usaha lain. Di saat sebagian besar membatasi saluran pemasaran, beberapa UMKM justru menambah saluran pemasaran. Ini dimaksudkan sebagai strategi untuk bisa survive.

Ketahanan yang Relatif Baik

Pemerintah berulang kali memuji UMKM sebagai salah satu pilar penting perekonomian negara. Ini tak salah karena sebagian besar pelaku UMKM menyatakan optimisme mereka untuk bisa survive dari cobaan wabah virus corona.

Sebanyak 62,6 persen pelaku UMKM optimistis bertahan selama satu tahun melalui krisis akibat pandemi. Di samping itu, 68 persen pelaku UMKM juga optimistis terhadap kebijakan new normal seusai pandemi ini.

Potret Digitalisasi UMKM

Pemerintah kerap mendorong pelaku UMKM untuk go digital. Namun prakteknya tak semudah itu. Tak sedikit pelaku UMKM yang ternyata belum siap untuk merambah digitalisasi. Kendati pelaku UMKM sudah menggunakan internet, namun mayoritas hanya untuk hiburan. Tak sedikit yang belum mengetahui cara mempromosikan atau memasarkan produk di kanal-kanal digital.

Shares
We use cookies in order to give you the best possible experience on our website. By continuing to use this site, you agree to our use of cookies.
Ok