Sebelum dunia mengenal internet, pelaku usaha cukup kesulitan dalam mengembangkan sayap bisnisnya. Untuk memperluas pemasaran atas suatu produk, tak jarang pengusaha membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Beda dengan sekarang. Tinggal klik, maka produk kita akan dapat dilihat dan berpotensi dibeli oleh orang-orang dari berbagai daerah sekaligus. Bahkan hingga mancanegara.
Peluang ini tercipta berkat kehadiran online marketplace. Memanfaatkan internet, pasar dunia maya ini memangkas jarak antara pedagang dan pembeli. Sekarang, membeli barang pun bisa dilakukan sambil rebahan di tempat tidur. Peluang ini dapat dimanfaatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa berkembang.
Dikutip dari Media Indonesia, 15 Juli 2021, jumlah pelaku usaha yang merambah marketplace terus meningkat. Ini mendorong perkembangan pesat industri e-commerce di tanah air. Namun sayangnya, perdagangan berskala jumbo ini masih belum merata hingga ke pelosok daerah.
Sebagai contoh, populasi DKI Jakarta yang mencapai 10,56 juta penduduk mampu menyumbang hingga 58 persen angka pengguna perdagangan digital. Padahal jumlah penduduk ibukota hanya lima persen dari total populasi di Indonesia. Pengiriman produk dari e-commerce juga masih terkonsentrasi di seputaran Jabodetabek, dengan persentase sebanyak 70 persen. Artinya, cukup banyak pelaku usaha di daerah yang belum memanfaatkan peluang ini.
Tingkatkan Kualitas Produk
Marketplace tak ubahnya pasar-pasar di manapun. Hanya, pasar dunia maya ini sungguh luas. Karena itu, setiap produk berpotensi memiliki kesamaan dengan produk dari pelaku usaha lain. Persaingan menjadi sangat sengit. Sehingga, meningkatkan daya saing produk menjadi keharusan bagi setiap pelaku usaha.
Supaya dapat dilirik calon konsumen, maka temukan keunikan atau pembeda dari produk serupa di marketplace. Kita juga dituntut untuk terus mengembangkan kualitas produk agar tidak kalah dengan yang lain.
Beri Penjelasan yang Baik
Di marketplace, pembeli hanya mengandalkan foto, video, dan penjelasan yang diberikan oleh pedagang sebagai pertimbangan dalam membeli suatu produk. Maka, supaya pembeli yakin, kita harus menyediakan penjelasan yang baik. Ini mencakup foto atau video yang menarik, serta deskripsi yang baik. Jangan lupa untuk menampilkan keunggulan produk kita.
Rajin Membalas Pesan
Keramahan pedagang menjadi pertimbangan seseorang dalam berbelanja di marketplace. Penjual yang lamban membalas pesan dan jutek dalam menjawab setiap pertanyaan biasanya kurang diminati konsumen.